Pemuda Harapan Bangsa

Pemuda adalah masa depan bangsa . berkualitas pemuda hari ini, penuh ketaatan cerahlah masa depan suatu bangsa.  Jika buruk kondisi kaum muda hari ini maka suramlah masa depan suatu bangsa dikemudian hari.Sejarah mencatat banyak pemuda yang harum namanya karena ketaatan nya kepada agama dan memuliakannya .Sejak generasi sahabat nabi hingga Sultan Muhammad Al-Fatih yang menaklukan konstantinopel yang menjadi gerbang tersebarnya islam ke Eropa. Para Ulama salafus Salih mendidik tunas muda ini agar dikemudian hari muncul generasi yang baik penerus umat. Mereka paham menyia-nyiakan pembinaan kaum muda artinya merencanakan kehancuran suatu bansa.

Moral para pemuda.

Semestinya umat hari ini merasa prihatin melihat kondisi para remaja banyak yang terpapar krisis moral. Su’ul adab dan senang melakukan kekekrasan adalah salah satu penyakit ahlak yang kini menjangkiti para remaja di tanah air. banyaknya kasus kasus kekerasan dijalanan atau di rumah tangga adalah salah satu tanda bahwa moral para remaja sedang terganggu , baik itu kekerasan sesama remaja atau pun kepada orang tua. Ada kasus dijalan jalan adalah sebagian besar pelakunya anak remaja sangat memprihatinkan .

Tanggung jawab semua Pihak

Menyikapi semua kejadian -kejadian yang melibatkan para remaja adalah sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk bertanggung jawab , mulai dari orang tua di rumah, guru disekolah serta peran pemerintah  semuanya harus ikut andil dalam mendidik anak remaja agar menjadi remaja yang taat, tangguh dan bermoral baik serta bertanggung jawab.

Pemuda terbaik adalah dia yang sadar bahwa di pundaknya lah kelak amanah kepemimpinan negeri dan bangsanya hingga dari sejak dini belajar dan bekerja keras mempersiapkan mental , tenaga , akal dan pikirannya utuk menjadi yang terbaik tidak menyia- nyikan waktu nya hanya untuk memenuhi hawa nafsunya yang membawa kehancuran kelak, Siap dan gigih dalam ketaatan kepada Tuhan menyayangi sesama dan menghormati orang tua. Masa muda hanya sekali dan tak akan terulang lagi Imam hasan al-bashri pernah berpesan ” Wahai kaum pemuda  Kadang tanaman yang masih muda pun bisa rusak dan mati karena terkena hama sehingga dia tak bisa sampai kemasa panen” Pemuda yang bisamengendalikan hawa nafsunya di puji oleh Allah SWT Sabda Nabi S.A.W ” Sungguh Allah Aza Wajalla benar benar kagum terhadap Pemuda yang tidak memiliki shabwah ” (H.R Ahmad) Mereka adalah kaum muda yang meninggalkan hawa nafsunya dan berbuat baik dalam Agama.Pemuda semacam inilah yang akan Allah SWT berikan kedudukan istimewa kelak pada hari Akhir, Sabda Nabi SAW ” ada tujuh golongan yang akan Allah naungi dalam naunganNya pada hari tidak ada naungan kecuali hanya Naungan-Nya …. pemuda yang tumbuh dala suasana ibadah (ketaatan )  kepada Allah SWT ( HR. al-Buhori).

Apa yang harus dilakukan Para pemuda?

Pemuda harus melakukan beberapa hal yang sangat Penting, Pertama, Hujamkan dan Kuatkan Iman dan aqidah bahwa islam adalah agama yang sempurna tanpa cacat sedikitpun yang mengatur kehidupan di dunia dan urusan akhirat. bukan sekedar spritual saja . tak ada Agama yang benar dan sempurna bagi kaum muslim selain agama Islam.

Kedua, Kaji islam sebagi aturan hidup di dunia menuju ke akhirat sehingga baik dan buruk aturan dilihat dari aruran agama, sebab aturan agama islam tidak mungkin bertolak belakang dengan fitrah manusia yang diaturnya.Pemuda yang baik akan menjadikan agama islam adalah tuntunan dan aturan hidup yang tidak akan diselisihinya, selamanya taat dan patuh.

Ketiga , senantiasa berpihak dan membela islam tidak ada istilah netral apalagi oportunis hanya karena mencari keuntungan duniawi, sebab pemuda yang baik akan berpandangan jauh jedepan ke kehidupan yang abadi. Tujuannya bukanlah dunia semata bukanlah pujian sehaja, tapi Ridha Allah dan cintaNya maka dimanapun kapanpun akan selalu merasa di perhatikan oleh Allah sehingga tidak ada tempat dan saat yang aman dari perhatian Allah SWT.

Keempat , selalu bersemangat menularkan kebaikan dan kebenaran , sampaikan yang haq adalah haq dan yang batil adalah batil. Karena tujuannya bukan sampai dunia saja tapi sampai di akhirat nanti maka tdk berlaku sanjungan dan pujian manusia serta tak lemah mendapat hinaan dan cercaan manusia. semua dijalani dengan semangat yang kuat .

Semoga para pemuda di negeri kita tercinta adalah pemuda yang taat yang cinta kepada Allah Azza wajalla sehingga di cintai oleh Allah Azza wajalla  dan akhirnya negeri ini dipenuhi pemuda pemuda yang penuh kebaiakan pemuda yang semangat optimis dan selalu berharap dan menggantungkan segalanya hanya kepada Allah saja. Aamiin

 

share post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Selamat datang di Toko Buku Pustaka Aksara
Powered by